Ujian itu bernama Kompre

image

Ujian Komprehensif Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univesitas Andalas alias Ujian Kompre Akuntansi Unand

Akhirnya saat itu datang juga, saat kita harus menanggalkan status mahasiswa untuk menjadi sarjana, dan saat itu terjadi saat Yudha melaksanakan ujian komprehensif atau lebih dikenal dengan kompre pada tanggal 10 Januari 2011.

            Ada perasaan gelisah yang menghampiri menjelang kompre ini dan itu wajar, karena kita akan menghadapi ujian yang besar dan berat. Alhamdulillah setelah seminar skripsi dilaksanakan tanggal 16 Desember 2010 kemarin, Yudha bisa fokus tuk mempersiapkan kompre ini.

Syarat-Syarat Kompre

Untuk mendaftar kompre tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1.      Nilai skripsi

Nilai skripsi ini bukanlah nilai pada saat kita seminar, nilai skripsi adalah gabungan antara nilai skripsi yang diberikan oleh dosen pembimbing (porsinya 70%) digabung dengan nilai pada saat seminar skripsi (30%). Formatnya dapat di unduh disini

2.      Telah membayar biaya kompre

Cara membayarnya gampang cukup datang ke Bank Nagari yang ada di PKM, ambil slip setoran tunai dan tulis nomor rekening, jumlah setorannya, dan nama serta nomor BP. Untuk kompre pertama Rp 175.000, kompre kedua menurut informasi yang Yudha dapat nominalnya udah mulai berkurang, mungkin Rp 150.000, kompre ketiga juga semakin kecil biayanya, sekitar Rp 100.000,- bahkan bisa gratis, dengan syarat, komprenya adalah kompre yang ke 4 dan seterusnya..hahah....

3.      Surat Perbaikan Skripsi Mahasiswa Bimbingan

Adalah surat yang menandakan bahwa kita telah merivisi skripsi pasca seminar. Kalau pengen cepat kompre tapi revisi belum siap, yang penting minta saja dulu pada dosen pembimbing untuk menandatangani surat perbaikan, perbaikan atau revisi skripsi bisa kita kerjakan setelah kompre. Dapat diunduh disini.

4.      Photokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi

            Rasanya itu saja kelengkapan yang Yudha serahkan ke biro pada saat mendaftar kompre. Nanti orang biro (mama atau ni eva) akan memeriksa kelengkapan dan mengambil map berwarna kuning pudar yang berisikan KHS selama kuliah dan transkip nilai.

            Pada transksip nilai Yudha tercatat bahwa Yudha telah mengambil sebanyak 160 sks, padahal yang disyaratkan hanya 147 sks, jadi terpaksa sebanyak 13 sks dibuang, 13 sks sama dengan 1 semester lho…huff…tapi berdasarkan perhitungan sendiri Yudha hanya kelebihan 4 sks. Tapi kita harus maklum, sistem akademik belum bagus…sehingga jika ada matakuliah yang sama tapi kodenya berbeda maka akan tercatat 2 kali dan ini terjadi pada Yudha.

Bahan Kompre

Ada yang dibicarakan oleh mahasiswa yang akan ujian kompre dan mereka sibuk membicarakan ini dan hilir mudik bertanya kepada para pendahulu, apa itu?...bahan kompre.

Apa itu bahan kompre? Dari segi fisik bahan kompre terlihat seperti bundelan kertas photokopi tua yang sudah lecek yang distaples di salah satu sisinya, cukup tebal dan tulisannya mulai pudar (ini karena photokopi yang diphotokopi dan hasil photokopinya di photokopi lagi dan lagi dan lagi). Isinya adalah ringkasan atau bisa dibilang resume dari mata kuliah yang kita pelajari, terutama akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Dokumen itu banyak memuat definisi dan penjelasan ringkas serta mudah untuk dipahami, kalau menurut Yudha sih dokumen ini sangat membantu, tapi bukan berarti tanpa bahan kompre ini kita akan gagal kompre…tidak...tapi bahan kompre ini sangat membantu untuk mereviu kembali inti sari kuliah akuntansi kita.

Dari pengalaman Yudha dalam persiapan kompre, Yudha kembali mereviu matakuliah Pengantar Akuntansi 1, Intermediate 1, Advance 1, Akuntansi Biaya, Auditing 1, karena itulah bahan yang ada dan dengan menguasainya diharapkan pertanyaan kompre hanya berfokus pada akuntansi keuangan atau akuntansi biaya serta audit, kalau nanti ada pertanyaan yang menjurus ke perpajakan, atau sistem informasi atau akuntansi sektor publik, kita bisa bilang “saya kurang ahli disana”…gampang kan…karena Yudha yakin tidak semua dosen kita paham akan semua hal akuntansi, jadi kalau kita paham akuntansi keuangan, kita arahkan saja pertanyaan dosen kesana.

Materi Kompre

            Kalau tidak salah dulu di jurusan ada dokumen yang berisi materi apa saja yang akan diuji pada saat kompre, namun sejak jurusan berbenah untuk akreditasi, dokumen itu lenyap. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apakah yang akan ditanyakan pada saat kompre nanti, setidaknya kita bisa menebak dan mempersiapkan diri jika nanti ditanya.

            Ada 6 garis besar materi ujian kompre sebagai panduan yang akan digunakan oleh dosen penguji untuk menilai dan mengukur kemampaun kita sebagai mahasiswa akuntansi, apakah sudah layak untuk menyandang gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi. Tapi focus pertanyaan tentu sesuai dengan konsentrasi kita, karena konsentrasi Yudha adalah Auditing, maka Yudha banyak ditanyai mengenai akuntansi keuangan (akuntansi keuangan  merupakan hal yang pasti ditanyakan pada saat kompre) serta audit dan akuntansi biaya. Ini bocorannya:

1.    Akuntansi Keuangan

Meliputi mata kuliah: Pengantar Akuntansi 1 dan 2, Akuntansi Keuangan Intermediate 1 dan 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan atau Advance 1 dan 2, Seminar Akuntansi, dan Teori Akuntansi. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan (dan ini merupakan hal yang harus kita pahami sebagai seorang mahasiswa akuntansi) adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Siklus Akuntansi

2.      Bukti Transaksi

3.      Jurnal

4.      Perkiraan Buku Besar/Buku Pembantu

5.      Neraca Saldo

6.      Neraca Lajur

7.      Laporan Keuangan (Neraca, Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan)

8.      Jurnal Penyesuaian

9.      Jurnal Balik

10.  Standar Akuntansi Keuangan (SAK, IFRS juga harus diketahui)

11.  Konsep dan prinsip dasar akuntansi keuangan (tujuan, konsep dasar, dan karakteristik kualitatif)

12.  Pos-pos pada Neraca

13.  Pos-pos pada laporan laba/rugi

14.  Akuntansi penggabungan usaha

15.  Lain-lain

Pada saat ujian Yudha ditanya mengenai siklus akuntansi, neraca, laporan laba/rugi, jurnal penyesuaian, jurnal balik, dan akuntansi penggabungan usaha serta standar terbaru berdasarkan IFRS.

2.    Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen meliputi mata kuliah: Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan, Anggaran, Sistem Pengendalian Manajemen, Analisis Laporan Keuangan, dan Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Hubungan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi biaya

2.      Cost concept

3.      Klasifikasi biaya

4.      Cost flow

5.      Job Order Costing

6.      Process Costing

7.      Volume/functional based costing

8.      Activity Based Costing dan Activity Based Management

9.      Variable costing

10.  CVP analysis

11.  Tactical decision making

12.  Investment decision/capital budgeting

13.  Responsibility accounting

14.  Balance Scorecard

15.  Transfer Pricing

16.  Kode etik akuntansi manajemen

17.  Anggaran perusahaan

18.  Analisis informasi keuangan

19.  Lain-lain

Pada saat kompre Yudha ditanya mengeai klasifikasi biaya, beda antara Job Order Costing dengan Process Costing, dan CVP analysis.

3.    Auditing

Auditing meliputi mata kuliah: Auditing 1 dan 2, Audit Kinerja Manajemen, Audit Kecurangan. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Jenis audit

2.      Audit report

3.      Jenis opini audit

4.      Jenis bukti audit

5.      Working paper

6.      Audit program

7.      Jenis pengujian

8.      Proses audit

9.      SPAP dan perkembangan terbaru

10.  Konfirmasi

11.  Metode sampling dalam audit

12.  Lain-lain

Pada kompre Yudha ditanyai mengenai Working Paper, audit program, dan konfirmasi.

4.    Perpajakan

Meliputi mata kuliah: Pengantar Perpajakan, Perpajakan, Pajak Lanjutan, Akuntansi Perpajakan, dan Pajak Internasional. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Sumber penerimaan Negara

2.      Pajak, retribusi, bea, dan cukai

3.      Sistem pemungutan pajak

4.      Ketentuan umum pajak

5.      Jenis pajak dan jenis tarif pajak

6.      Objek pajak

7.      Subjek pajak

8.      Pajak Penghasilan (PPh)

9.      Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN & PPn BMM)

10.  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

11.  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

12.  Bea Materai

13.  Sengketa Pajak

14.  Lain-lain

Pada saat kompre Yudha tidak diberi pertanyaan mengenai pajak, untung saja, karena Yudha pun tidak ada persiapan untuk itu.

5.    Akuntansi Sektor Publik/Pemerintahan

Meliputi matakuliah: Akuntansi Pemerintahan, dan apa lagi ya?...kurang tahu Yudha. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Basis Akuntansi, Akuntansi Anggaran, dan akuntansi dana

2.      Sistem Akuntansi Pemerintahan

3.      Laporan Keuangan Pemerintahan

4.      Standar Akuntansi Pemerintahan

5.      Basis Penyusunan Anggaran, azas dan ketentuan umum pelaksanaan anggaran

6.      Lain-lain

Pada saat kompre Yudha ditanya mengenai beda akuntansi pemerintahan dengan akuntansi keuangan, baik dari basis maupun dari laporan serta jurnalnya.

6.    Sistem Informasi Akuntansi

Meliputi matakuliah: Teknologi dan Informasi Komputer, Penyusunan Program Komputer (masih ada ya?), Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen, Analisis dan Perancangan Sistem, dan Audit Sistem Informasi. Adapun poin-poin yang kemungkinan besar akan ditanyakan adalah mengenai (tapi tidak terbatas pada ini saja):

1.      Sistem dan prosedur (sistem akuntansi pokok dan prosedur pendukung)

2.      Langkah-langkah perancangan sistem manual

3.      Langkah-langkah perancangan sistem komputerisasi

4.      Pengendalian internal pada sistem manual

5.      Pengendalian internal pada sistem komputerisasi

6.      Lain-lain

Pertanyaan mengenai sistem informasi akuntansi tidak Yudha dapatkan selama kompre.

Berbagi

          Tentu dari semua hal yang akan ditanyakan, pasti tidak semuanya yang kita pahami dan ini memang suatu kewajaran. Tidak mungkin kita akan memahami semua pelajaran dan ilmu akuntansi. Begitu juga dengan dosen yang akan menguji kita, tidak mungkin mereka akan menanyakan semua hal diatas. Cuman, dari pengalaman Yudha ada batas minimal yang harus dipahami oleh seorang calon sarjana ekonomi jurusan akuntansi.

            Pertanyaan mengenai akuntansi keuangan pasti akan keluar (dan pasti setiap dosen pengguji paham akan ini) terutama mengenai siklus akuntansi, adalah suatu petaka jika mahasiswa akuntansi tidak tahu dan paham mengenai siklus akuntansi. Mulai dari transaksi sampai dengan jurnal balik., tidak hanya cara mengerjakannya tapi juga makna filosofis dibalik itu. Contohnya, kenapa harus ada jurnal penyesuaian?

            Selain itu pertanyaan mendasar adalah mengenai Job Order Costing dan Process Costing serta konsep biaya. Jika kita tidak paham akan konsep biaya bagaimana mungkin kita akan menyusun laporan keuangan.

            Selain itu pertanyaan akan diarahkan sesuai dengan konsentrasi kita, jika konsentrasi kita adalah Akuntansi Manajemen, tentu akan banyak pertanyaan mengenai dan berkaitan dengan akuntansi manajemen. Namun demikian ini masih tergantung juga dengan spesialisasi dosen penguji kita. Misalnya, meskipun konsentrasi kita perpajakan tapi spesialisasi dosen penguji kita adalah auditing, maka dapat dipastikan beliau tidak akan menanyakan hal yang berbau pajak.

            Mengetahui siapa tim dosen penguji kita adalah informasi yang sangat menguntungkan, setidaknya kita bisa menebak ke arah mana pertanyaan akan muncul. Kita takkan tahu siapa dosen penguji kita sampai kita masuk ke ruang kompre, biasa penguji pertama akan menyebutkan siapa saja yang akan jadi dosen penguji kita (namun bisa jadi beliau tidak memberi tahu). Sekurang-kurangnya dosen penguji itu 2 orang, tapi pada saat Yudha pengujinya 3 orang, yaitu Ketua, Sekretaris, dan anggota. Standarnya 3, tapi kalau mahasiswa yang diuji terlalu banyak, tentu harus ada penyesuaian.

            Bukan maksud untuk menakut-nakuti, kompre mahasiswa regular lebih dinamis dan seru, pertanyaan yang diajukan bisa saja yang diluar ilmu kita atau keadaan terkini. Dosen penguji pun bisa lebih ekpresif untuk menekan mahasiswa agar gugup. Kompre mahasiswa Inga tau Internasional biasanya lebih kalem, maklum, bahasa Inggris bukan bahasa sehari-hari kita, jadi agak berpikir juga, baik dosen yang mau bertanya maupun mahasiswa yang akan menjawab.

Finishing

          Selesai diuji, maka tim dosen penguji akan berembuk untuk memutuskan apakah anda layak atau tidak. Nama kita akan dipanggil satu-persatu untuk dibacakan keputusan tim dosen penguji, dan Alhamdulillah…Yudha lulus pada kesempatan pertama, Alhamdulillah.

            Satu hal lagi, yaitu busana kompre. Untuk perempuan pake baju kurang dan laki-laki pakai kemeja lengan panjang warna putih dengan celana dasar warna hitam, pakai dasi kalau bisa. Kemarin Yudha sempat kena tegur karena ujian kompre pake kemeja warna ungu, ada-ada saja. Rasanya itu yang dapat Yudha bagi, untuk bahan kompre, minta maaf karena Yudha memang tidak memilikinya, tapi contoh pertanyaan kompre, dapat di unduh disini.

Thu, 13 Jan 2011 @14:50


2 Komentar
image

Sun, 24 Feb 2013 @11:48

Lia

nice.. thx infonya :)

image

Thu, 25 Jul 2013 @00:48

Muhammad Ramadhan

link download nya udah pada mati semua bg,,
fix them donk bg,,
butuh format nya bg,,


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+6+3

Selamat Datang
image

yudhakids


Herbalife Independen Member
Your Pesonal Wellness coach
Dumai :) Ceria
Jl Bintan No 12, Dumai Riau
Kak Marde

 

Kakmarde's Blog

JUST ANOTHER WORDPRESS.COM SITE

 

Komentar Terbaru
Copyright © 2018 yudhakids · All Rights Reserved