Tulisan yang baru
SLINK

Pidato Mahfud MD di Universitas Andalas

image

Pak Mahfud MD ke Universitas Andalas? Ngapain? Kok bisa? Sampai berpidato segala, ada apa sih? Itulah pertanyaan yang Yudha buat sendiri sebagai pengantar kenapa ada pidato pak Mahfud MD di kampus hijau tercinta, Universitas Andalas. Ceritanya begini:

Ada seminar gratis yang sempat Yudha disela-sela waktu senggang, melihat waktu pelaksanaan yang dimulai dari jam 08.00 s.d 17.00 wib, maka Yudha pastikan harus mengikuti seminar ini. Seminar kali ini bertemakan “Penguatan Kewenangan dan Kedudukan Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Perlindungan Demokrasi Konstitusional di Indonesia” yang merupakan kerjasama Makamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Fakultas Hukum Universitas Andalas, yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2010.

            Dari jadwal yang dirilis oleh panitia, seminar kali ini dihadiri oleh Ketua Makamah Konstitusi Prof. Dr. Mahfud MD yang sekaligus menjadi keynote speaker dengan tema “Mewujudkan MK sebagai Peradilan Modern dan Terpecaya”. Selain itu, seminar kali ini dibagi menjadi 3 sesi, lengkapnya sebagai berikut:

1.       Sesi 1 dengan tema Kewenangan dan Kedudukan Putusan MK dalam Mewujudkan Keadilan Substantif dan Demokrasi Konstitusional. Pembicara Dr Bambang Widjajanto SH, L.LM dan Prof. Dr. Arief Hidayat SH, MH dengan moderator Dr. Kurnia Warman, SH, MHum.

2.       Sesi 2 dengan tema MK dan Upaya Mewujudkan Demokrasi Lokal. Pembicara Zainal Arifin Muchtar SH, LLM dan Suharizal SH, MH dengan moderator Abdul Ghoffar.

3.       Sesi 3 dengan tema Kewenangan Constitutional Complaint bagi Masyarakat Adat sebagai Upaya Perlindungan Demokrasi Lokal. Pembicara I Gede Palguna SH, MH dan Ilhamdi Taufik SH dengan moderator Charles Simabura SH, MH.

Ini seminar yang sangat membuka wawasan mengenai tata negara, dibawakan dengan bahasa yang sederhana walaupun tentunya istilah hukum sangat kental terasa. Banyak istilah baru yang didapat terutama yang berkaitan dengan tata negara dan peradilan.

Yudha sempat merekam keynote speak yang disampaikan oleh  Pak Mahfud MD, memang tidak dari awal sih, rencananya mau direkam jadi video, tapi melihat kondisi baterai hape pada saat itu dan lamanya prakiraan durasi pak Mahfud dalam menyampaikan keynote speech maka Yudha putuskan untuk merekam suaranya saja, kebetulan kualitas sound system di gedung E2.1 juga cukup bagus, jadi hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Pas sesi istirahat kedua Yudha sempat membeli buku beliau yang berjudul: Konstitusi dan Hukum dalam Kontroversi isu seharga Rp 58.000 yang hingga tulisan ini diposting belum selesai Yudha baca.

2 hal yang membuat Yudha senang adalah pertama Yudha dapat sertifikat (lumayanlah untuk poin Bintang Aktivis Kampus) dan MAKAN SIANG PERAI plus SNACK selama acara….ini alasan utama yang membuat Yudha harus ikut seminar…hahahha…

Bagi rekan-rekan yang berminat mendengarkan suara pak Mahfud MD saat menjadi keynote speaker, silahkan klik disini dan jangan lupa komennya! Makasih. Oh iya..pak Mahfud juga sempat jadi Khatib Sholat Jumat di Masjid Nurul Ilmi.

Fri, 12 Nov 2010 @14:15


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Selamat Datang
image

yudhakids


Herbalife Independen Member
Your Pesonal Wellness coach
Dumai :) Ceria
Jl Bintan No 12, Dumai Riau
Kak Marde

 

Kakmarde's Blog

JUST ANOTHER WORDPRESS.COM SITE

 

Komentar Terbaru
Copyright © 2018 yudhakids · All Rights Reserved